Sabtu, 20 Agustus 2016

Semur Ayam & Kentang

aku??? masak???? hwahahahahaha... ups...
sebenernya kata adekku aku kalo masak enak... sayang sekali aku jarang bgt masak... kcuali masak nasi... hahahha... butuh kerjasama penghuni langit dan bumi jika hendak bikin aku bersedia memasak...
okeh langsung aja, diambil dari sumber: http://www.tersedap.net/2014/08/resep-semur-ayam-kentang-enak.html
ini dia semur ayam + kentang yg kata adekku enak..



bahan:
- 500 gr ayam yg sudah dipotong2 dan dibersihkan (omg, lama banget aku gak megang ayam mentah,,, ngamuk2 adekku saking lama nya aku bersihin ayam wkwkwkwk)
- 1 batang serai, dimemarkan. (memar biru? gak lah... di geprek aja pake ulekan... ndak usah sampe biru.. hahaha)
- 15 ml kecap manis merek apapun (aku sukanya sih yg satu merek sama batu baterai. tau kan? hahahaha. dan ohya, aku gak itung berapa mili karena menurutku astagaaah kurang kerjaan bgt pake ditakar berapa mili, insting aja kira2 udah cukup cokelat apa nggak dan dirasa udah cukup manis gurih nggak...)
- 5 lembar daun jeruk segar (enak loh wanginya, mirip jeruk... kalo wanginya gak mirip jeruk, mungkin kau salah daun...)
- 600 ml air bersih (ini juga aku gak kuitung berapa mili. secukupnya aja sampe tenggelam semua itu bahan di wajan... hahaha)
- minyak goreng untuk menggoreng (utk menumis bumbu dan menggoreng kentang setengah matang)
- kentang yg sudah dikupas dipotong sedang, digoreng setengah matang (ini kutambahin di resep sini biar singkron sama judul: ada kentangnya. soalnya di sumber gak dicantumkan kentangnya diapain wkwkwkwk)

bumbu halus:
- kemiri 5 butir (kali ini kemiri nya yg mentah, tidak kusangrai.. repot... hahahah.. versi lain ada yg bilang pake kemiri sangrai... well pake kemiri mentah juga gapapa ternyata)
- cabe merah besar 2 biji (tidak lupa sambil menenangkan adekku yg paling bungsu bahwa cabe jenis ini tidaklah pedas.)
- bawang merah 5 siung
- bawang putih 2 siung
- merica butir 1 sendok teh
- garam 1 sendok teh atau secukupnya (ini pake insting sih hahahaha, gak kuitung berapa pastinya...)
alangkah baiknya bumbu2 diatas dihaluskan manual pake ulekan... ada yg bilang klo mau dihaluskan pake blender, jgn pake air sbg campuran tetapi pake minyak... ah entahlah.. daripada salah2, aku langsung ulek aja... okeh next...

cara membuat:
1. tumis bumbu halus sampe harum (beneran harum dan bikin seisi rumah bertanya-tanya: mbak masak apaaa... kapan jadinyaaa... lapaaaar), kemudian masukkan ayam tadi... diaduk2... gak lama masukkan kentangnya...
2. masukkan daun jeruk (diremas2 dikit), serai yg memar tadi, dan air... aduk hingga merata... jika sudah mendidih, kecilkan apinya, aduk sampai rata bumbunya dan meresap. (harumnya akan semakin semerbak, dan akan semakin ngamuk orang rumah yg kelaparan dan tak henti mencium aroma wangi... wkwkwkwkwk)
3. sesaat sebelum matang masukkan kecap manis. (jangan lupa koreksi rasa, siapa tau kurang asin, atau kurang manis). aduk2 hingga rata dan meresap sesuai selera (ada yg suka sampe meresap banget, ada yg nggak). setelah dirasa sudah cukup (sudah matang, sudah benar rasanya, dan sudah sesuai selera warnanya), matikan api.
siap dimakaaaan...

btw, resep diatas semuanya ku kali dua, karena serumah orangnya banyak jadi kalo masak kayak slametan. wkwkwkwkw.. yg aku masak ayam seekor dipotong 14, kentangnya sekilo. perbandingan bw merah & putih menyesuaikan. ohiya, yg belum ada di resep: kutaburin bawang merah goreng begitu sudah disajikan.. nyemmm... jadi laper lagi...

okeh sekian dulu... nanti kalo aku ada masak2 lagi ku share disini... bukan bermaksud pamer. aku pelupa jadi kutaruh saja di blog biar ingat kalo kapan2 mau masak lagi.. wkwkwkwkwkwk...
foto? ah iya.. lupa foto :( aku jarang foto2 makanan. perutku yg kelaparan tidak mengizinkan penundaan makan dengan alasan apapun jika hidangan sudah siap santap... XD


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Happy Cat Kaoani