Jumat, 20 Maret 2015

Tips dan Trik untuk Auditor Pemula

Jadi ceritanya tadi aku habis chatting sama temenku yang dulunya auditor dan sekarang jadi pihak yang diaudit. Berhubung dia mantan auditor, yaa pasti dia ngerti lah yaa apa aja yg musti disiapkan. Dan yang lucu, yang jadi bahan cerita adalah si auditor yang sepertinya masih newbie. Nama dan lokasi gak usah disebutin lah yaa, privasi. Tapi disini aku mau nge-share buat para auditor pemula, jangan sampe kalian jadi bahan cerita para auditor dan klien (yang ternyata adalah mantan auditor wkkk). Bikin malu profesi aja. Hehehe. Berikut adalah beberapa "titik lemah" para auditor newbie saat ngaudit ke klien...



1. Gak Supel
Jangan mentang2 situ auditor lantas gak mau ngebaur sama klien ya. Apalagi berkedok "ahh aku kan masih baruuuu" *kedip2 mata*. Grrrrr.. Mungkin gak semua junior bisa beruntung didampingi seniornya setiap waktu. Bagi yang sudah mulai ditinggal sama seniornya (maklum ya nak, satu senior bisa pegang buanyaakk klien), maka kalian harus mau gak mau membaur dengan entitas yg kalian audit. Biarpun kalian cuma ditugasin ngerekap satu akun, bukan berarti kalian masa bodoh sama aspek lainnya. Yaaa, minimal harus tau lah itu klien kalian bergerak di bidang apa, manager2 nya siapa aja, kalo minta data musti ke siapa (person in charge), bahkan ke pak satpam pun harus akrab. You know lah, kali aja besok2 lu musti ngaudit sendirian sampe jam 3 pagi. Yakin gak mau ditemani pak satpam? hehehe. Cara biar jadi supel itu gampang kok. Senyum aja klo ketemu orang. Kalo bisa sapa lah dengan sopan, "pagi bu/pak..." udah gitu aja... Syukur2 klo kamu bisa ngobrol, mengorek info, gosip, desas desus terkini, *halahhh *gubrakk wkkkk... Jujur dulu pas masih newbie aku juga ngerasa canggung kok, tapi tetap sebisa mungkin berusaha mengakrabkan diri. Sambil nunggu lift, sambil ngantri solat, sambil ngaca di kamar mandi, sambil nunggu fotokopi, banyak lah momen buat sedikit2 ngajak bicara dan kenalan orang-orang.
2. Gak Teliti
Jangan gara2 masih newbie lalu mengerjakan tugas sekenanya, yang disuruh doang, dan gak meriksa lagi sampe disuruh sama senior. Kalo dikasih format, misal format perhitungan depresiasi, yaaa jangan asal copas lah ya.. Dilihat lagi, itu rumusnya udah bener belum, udah nge-jumlah semua belum, udah bener belum tarifnya. Jangan sampe udah ngotot maju ke klien "Bu/Pak, ada selisih depresiasi". Padahal setelah dilihat lagi ternyata rumusmu yang salah. Bisa digorok kamu sama senior. wkkkk.. *candaaa. Sekali lagi, hati-hati dan teliti, dan pelajari lagi yang mau ditanya. Jangan sampe kamu nanya ke klien sesuatu yang kamu sendiri belum paham. Mending tanya senior aja dulu kalo masih ragu2. Kalo senior kamu bilang "udahh tanya aja langsung", yakinkan dulu sendiri, itu beneran perlu ditanya gak. Mungkin seniormu lagi capek, jadinya gak bisa mecah konsentrasi ke dua hal yang berbeda. Kamu catat aja dulu, di daftar gitu, selisih/permasalahannya apa aja, jadi biar sekalian nanya nya... Tapi yaa jangan lama2 juga disimpen pertanyaannya, salah juga itu hahaha. (ribet kan wkkk). Minimal sehari kasih kabar lah ke senior, progress nya gimana, kesulitannya dimana.
3. Gak Inisiatif
Mungkin saking newbie nya, kamu disuruh ngapa2in aja pada gak tau, jadi seniormu males mau ngasih tugas ke kamu. Yeaayy, bebas... Eiiittt.. Jangan seneng dulu. Emang menurutmu ngapain kamu kerja jadi auditor kalo gak ngapa-ngapain. Ibarat kata, kamu ikut berlayar sama pelaut ulung niatnya buat belajar, tapi ternyata cuma ikutan naik kapal doang. "Senior aku sibuk kaaak, aku ditinggal mulu, gak tau mau kerja apaan. Nge games aja deh." hiksss, sebagai sesama senior aku jadi sedih nak. hehehe. Tau gak, senior kamu itu sesibuk dan secuek apapun tetap bakal seneng kalo juniornya inisiatif bantuin kerjaan. Klo kerjaan sudah mau habis, misal vouching2 udah tinggal dikit lagi kelar, yaaa ngomong lah ke seniornya, bilang apalagi yang bisa dibantu setelah ini. Jujur, selain ngebantu bgt, ini juga keliatan bagus di mata klien "waah, junior & senior kompak, kerjasamanya bagus...". hehehe.
4. Malu-malu(in)
Hahaha. Maaf nih sebelumnya, bukan bermaksud menaruh harapan besar di pundak kalian (tsaaah), namun alangkah baiknya kalau bisa meminimalisir kejadian memalukan di klien. Apa saja misalnya? Paling gampang nya nih, disuruh nge fax. Beuhhh dulu aku pas pertama kali ke klien, disuruh nge fax setumpuk konfirmasi, padahal aku belum pernah sama sekali pegang mesin fax. Alamakkk, pasti malu banget kan klo keliatan gak bisa di depan klien, tapi mau balik lagi nanya ke senior eh doi udah pergi, mau sok2an nge fax kalo salah bisa berabe. hmmm.. Salah satu trik nya nih, tanya ke klien. Lhaaaa, kok malah nanya sih, keliatan dodolnya dong. Hehehe, gak lah *benerin kacamata*, . Nanya nya gini "Bu/Pak, maaf ganggu, ini kalau mau nge fax pake mesin ini gimana caranya yaa? Soalnya agak beda dengan fax di kantor yang biasa saya pake..." clear. Kelihatan kan? Yahh pokoknya, dipikir aja gimana caranya biar gak keliatan bego2 amat. hehehe. Begitu pula kalo ditanya balik sama klien, misal soal jurnal adjustment. Jangan langsung mati kutu dan pasrah berujar aiiih apa ya itu bu saya gak tau... *cubit* Bilang aja, baik bu pertanyaannya kami tampung dulu krn ini perlu didiskusikan lebih lanjut dengan rekan se tim lainnya. clear. Yaah, meskipun kamu masih newbie, minimal jangan malu2in banget lah  yaa.. hehehe..
5. Gak Belajar
Maksudnya disini, gak belajar dari pengalaman kesalahan yang lalu2, baik itu yg kita alami sendiri maupun yg dialami orang lain. Udah tau kemarin ngotot ke klien ada selisih ternyata salah rumus, eeeh besoknya terulang lagi ngotot padahal salah rumus. Mati aja. hahaha. Pokoknya klo sudah pernah melakukan kesalahan, sekecil apapun itu, harap tetap diingat diperhatikan dan jangan sampai terulang. Jangan pernah menyepelekan kecerobohan kecil sekalipun. Nakutin? Gak juga sih. Tapi kebayang kan gondoknya jadi klien yang auditornya ceroboh dan suka mengulang kesalahan? Gondok banget pasti. Mending kalo cuma gondok, kalo di blacklist berabe. hehehe
Naah, sekian dulu deh masukan dari aku. Mudah-mudahan bisa membantu para auditor newbie yang masih grogi terjun ke klien sendirian. Buat para seniornya, jangan sibuk-sibuk dong ah. Dibimbing dikit lah itu juniornya yaa... Malu nih sebagai sesama auditor, dapet cerita begitu dari mantan auditor yang lagi jadi auditee... hihihi...
Semangaaat...! Salam Peak Season!!!

2 komentar :

  1. Terimakasih atas informasinya, ini sangat berguna untuk saya yang baru mau terjun kedalam pekerjaan ini. di tunggu tips tips berikutnya agar kami bisa lebih paham akan kondisi kondisi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ikut senang dpt respons bagus, hehehe, semoga membantu yaaa.. tetap semangat, semoga sukses... ^^

      Hapus

Happy Cat Kaoani