Senin, 18 Desember 2017

Balada Auditor: Manado!!! I'm in Love

Yuhuuuu~ ternyata sudah lama sekali bu auditor gak nyepam corat coret di blog ini. hahahaha. Kali ini aku dapet rejeki utk dinas audit ke salah satu surga wisata indonesia timur: Manado! And yeah, im in love with this city... :3

Kunjungan audit kali ini cukup singkat, cuma tiga hari dua malam. Sendirian. Hehehe. Berdua sih sebenarnya sama pihak klien dari pusat juga ada yg ikut, tapi tentu terpisah lah kamarnya hahaha.Seperti biasa, sebelum berangkat dinas ke klien di luar kota tentu harus mempersiapkan semua dokumen yg diperlukan, terutama surat tugas. Jangan lupa back up di email, jaga2 siapa tau tercecer, tinggal cetak ulang aja jadinya. Trus apa lagi dokumen yg perlu disiapkan? Eits enak aja, tanya senior masing2 lah. wkwkwkwk. *senior jahat*

Manado itu kota nya romantis. (smua kota aja romantis, dasar jomblo wkwkwk). Eh tapi beneran. Di kota ini dengan mudahnya bisa melihat pemandangan sunset di laut nan jernih, tiap hari. Bahkan dari depan hotel tempatku nginap juga keliatan. Begitu sampe di manado langsung disambut sunset, sambil makan pisang garoho, dibelai semilir angin dengan aroma pantai. Gimana gak baper. Duh, tiba2 pengen bulan madu (plaaak!) :')

Suasana kotanya teduh, masih buaanyaaak pohon2, jalannya juga banyak naik turun gunung. Hmm. Ato mungkin krn aku dilewatkan di jalan tembus2 yaa.. Karena kata mas2 klien, lewat jalur utama di kota pasti macet kalo jam pulang kerja. Jadi klo suatu saat kalian juga dpt tugas ke Manado, di ingat2, klo jam pulang kerja jalanan utama emang pada macet bangettt.. Oh iya, yg paling membuatku "terkesima" ternyata angkot di Manado itu menggunakan musik super nyaring utk memikat penumpangnya yg rata2 pelajar. Katanya sih, anak2 muda gitu emang bakal lebih milih naik angkot yg musiknya keren, dan itu nyaring bangeeet. Aku sampe hampir ketawa (tapi takut tersinggung jadi kutahan aja). Beneran nyaringgg sampe ke kamar hotelku kedengaran (padahal aku di lantai atas), awalnya kukira ada pawai. hahaha. Setelah dijelaskan aku baru paham, ternyata memang begitu kebiasaan angkot disini.

Selanjutnya, yg paling aku suka, Manado itu surga kuliner!!! Alamak. Selama disini aku gak pernah lapar. wkwkwkwkw. Smua masakan khas Manado aku sukaaa! "Duh mbak coba lama di Manado, gemuk dah kamu mbakkk". Aku cuma manggut2 dibilangin begitu sama klien ku, manggut2 sambil ngunyah pisang garoho (lagi) hahaha... Meskipun awalnya aku takut gak bisa makan apa2, krn disini kan terkenal banyak makanan yg non halal, tapi ternyata klienku cukup peka. Tiap makan pasti diarahkan ke tempat makan yg full halal. Alhamdulillah... hihihi.

Segitunya yaa seneng sama kuliner Manado? Aiiish ngapain bohong, beneran memang enak bangeeet, bahkan menu sarapan hotel (yg kalo free biasanya apa adanya), ternyata enaaak.... Sebut aja semua makanan manado, bubur tinutuan, pisang garoho, ayam rica, ikan bakar sambal roa, perkedel nilu, perkedel nike, es kacang, dan banyaaak menu enak lainnya yg aku gak tau namanya. ahahahah. Mereka pada bilang "pokoknya kalo di Manado itu gak ada yg namanya makan sampai kenyang. Yang ada itu: makan sampe capek!". Awalnya mereka pada kira aku gak bakal tahan pedas, kan rata2 masakan Manado pedas, eh ternyata aku doyaaan. haahahah.. Apalagi kalo ikan, duh, bayanginnya aja ngiler lagi... Ikan bakar rica-rica dengan sambal dabu. Ludes pokoknya, ikannya enaaaak, sambalnya mantaaap, sayurnya segaaaaar... Udah lah pokoknya kalo aku tinggal di manado bisa gemuk, yaqqqiiiin, makanannya enaaaak smuaaa.. Jadi pengen pindah ke Manado. Duh cari jodoh orang Manado bisa gak yaaa,, culik aku banggg culiiiiik,,, wkwkwkwkwk.

Ohiya, rumor tentang orang2 Manado yg cantik2 dan tampan2 memang benar lhoo. Di pinggir jalan aja banyak lah seliweran nona cantik dan babang ganteng. Dan yg aku salut, aku sama sekali gak pernah liat anak gelandangan/ preman / pengemis. Beneran. Sama sekali gak liat selama 3 hari disana. Padahal aku keliling kemana-mana. hahaha Kereeeen. Di kota besar lainnya, hampir mustahil gak ada pengemis di perempatan lampu merah. Di kota ku aja, masuk warung makan kadang ada pengemis (apalagi pengamen)... Saluuut lah sama mindset orang2 Manado, mereka pekerja keras. Dan satu lagi, toleransi disana sangat terjaga. Seperti yang kuceritakan di awal, begitu mereka tau aku muslimah (keliatan lah kan berjilbab hehe), dengan sigap aku direkomendasikan utk makan ke tempat makan tertentu saja, yg terjamin halalnya. Aku pun diceritakan bahwa meskipun disini muslim itu minoritas, tapi keamanan nya terjamin sama2. Setiap tahun, mereka yg pemuda gereja ada yg ditugaskan menjaga di masjid saat pelaksanaan salat ied. Wow. Kukira yg seperti ini cuma cerita doang, tapi ternyata memang terjadi di Manado. Respect!

Proses audit berjalan lancar, maka hari terakhir pun dihabiskan dengan keliling kulineran (lagi) dan cari oleh-oleh. Ludes smua uang saku ku (T_T), but worth it. hahahaha. Yang masuk list wajib oleh oleh: sambal roa!  sisanya terserah, jangan kaget kalo kalap wkwkwkwk. Begitu kembali ke rumah, dan kusuruh icip makan pisang goreng pake sambal roa, smua pada sukaaa. Enaaak bangeeet. Bahkan bikin bubur ala2, pake oatmeal, campur labu, jagung, dimakan pake sambal roa rasanya jadi drastis enak bangeeettt. Alamak.. Yuuuuk ke Manado lagiiiii... Aku belum sempat ke Bunaken... (T_T) plis lhaaa culik saya ke Manado...
*timpuk pake data audit*

3 komentar :

  1. Kak, boleh minta kontaknya enggak? Mau tanya-tanya seputar dunia seorang auditor sama orang yg udh berpengalaman seperti kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagah lama sekali aku gak nengok blog inih... mohon maaaappp..
      kontak emailku aja gapapa?

      Hapus
  2. Apa cuma lulusan jurusan akuntansi yg bisa jd auditor?? Ada syarat yg lain ga ibu

    BalasHapus

Happy Cat Kaoani